about me ^_^

Foto saya
Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia
Halo! Nama aku Megawati Istiqomah. kalian bisa panggil aku Ega^^ Sekarang, aku mahasiswi di Universitas Negeri Jakarta Prodi Pend. Vokasional Teknik Elektronika. Untuk mengenalku lebih jauh, kalian bisa lihat akun sosial media-ku di : http://megawatiistiqomah.blogspot.com/2011/12/my-account.html terima kasih;)

Jumat, 11 April 2014

Aurat Wanita

hello guys!!! kembali lagi sama aku^^
kali ini aku mau ngebahas tentang aurat. dan lebih spesifik lagi ke wanita.
sumber dan referensi tulisan aku ini didapat dari buku "Yuk Berhijab"-nya Felix Siauw.
simak bareng-bareng yukk





- dunia memandang wanita
kalian semua tau gak sih? sejak zaman dulu, wanita sering dianggap sebagai objek daripada manusia. pada zaman peradaban Yunani Kuno dan Romawi, wanita hanya dianggap sebagai pemuas nafsu laki-laki. pada saat itu, wanita boleh diperjual belikan seperti budak. naudzubillahimindzalik.....

- pandangan islam tentang wanita
nah, dalam islam sangat berbeda dengan peradaban yunani kuno maupun romawi. islam sangat memuliakan wanita, terutama seorang ibu. islam juga memanusiakan wanita. karna wanita bukan seorang budak yang layak diperjual belikan.

- wanita dan aurat
oleh karena sejarah wanita sejak dahulu yang menyeramkan, dalam islam diwajibkan bagi wanita muslim yang telah akhil baligh untuk menutup auratnya. apasih aurat itu? aurat dalam pengertian secara makna syariat yaitu bagian tubuh yang haram dilihat, dan karena itu harus ditutup. khusus seorang muslimah, bagian auratnya yaitu seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. seperti yang telah dijelaskan dalam hadits riwayat abu daud yang artinya "wahai asma, sesungguhnya wanita yang telah haid tidak layak baginya terlihat dari tubuhnya kecuali ini dan ini. (wajah dan telapak tangan)"

- batasan aurat wanita
sama siapa aja sih kita harus menutup aurat? nah ini dia berikut penjelasannya tentang bagian mana saja yang boleh terlihat.
- dengan lelaki bukan mahram : wajah dan telapak tangan
- dengan lelaki mahram, wanita mukmin, wanita bukan mukmin (bila tidak menimbulkan fitnah) : dari bagian kepala - leher, siku - telapak tangan, dan lutut - kaki.
- dengan suami : tidak ada batasannya ^_^

- pakaian syar'i penutup aurat
hijab pada wanita terdiri dari 3 komponen, yaitu :
- al-tsaub (pakaian rumah)
- khimar (kerudung)
- jilbab (seperti gamis/mantel)

inget yaa temen-temen, BERHIJAB BUKAN PILIHAN MELAINKAN KEWAJIBAN.
hijab juga bukan trenfashion yang modelnya disesuaikan dengan zaman dan keinginan, yang harus dibuat rumit sehingga menyusahkan untuk memakainya. karena hijab bukanlah pelarian fashionista yang tetap inigin disebut islami.

- kerudung punuk unta
kalian sering lihat kan, kalau zaman sekarang kebanyakan wanita yang berhijab itu sering menguncir rambutnya hingga setinggi mungkin melebihi tinggi kepalanya. padahal, telah dijelaskan dalam suatu hadits wanita yang memakai kerudung punuk unta tidak bisa mencium wangi surga walaupun tercium wanginya sepanjang perjalanan.

aku ga terlalu suka sama wanita yang memakai kerudung tipis dan menerawang apalagi pakai baju ketat. karena berhijab itu artinya menutup aurat, bukan memperlihatkan bagian tubuh karena pakaian atau kerudung yang dikenakan berbahan tipis atau juga pakaian yang dikenakannya terlalu ketat.

tutuplah auratmu sekarang sebelum auratmu ditutupkan;)



sudahkah hijabmu seperti ini? ayo diperbaiki lagi :)
diulur, bukan dililit!
danbo aja berhijab, masa kamu engga? :)
thanks for read:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar